|

Knowledge Sharing Forum

Kegiatan Knowledge Sharing Forum ini dilaksanakan pada Tanggal 18 Januari 2018. Tema kegiatan kali ini terkait dengan Integrasi Perencanaan Program Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Pemahaman Paradigma serta Organisasi Generasi  ke-5 dengan Narasumber Bapak Ir. Rido Matari Ichwan, MCP dan Bapak Dr. Ir. Martsanto D, M.Eng. Peserta dihadiri oleh 31 orang peserta. Dalam kegiatan ini, dibahas cara untuk mempercepat pencapaian target pembangunan infrastruktur PUPR. Oleh karena itu dibutuhkan:

  1. Inovasi skema pembiayaan infrastruktur dan meningkatkan kontribusi sumber pendanaan selain APBN, yaitu pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat;
  2. Implementasi inovasi dan teknologi baru hasil penelitian dan pengembangan untuk efisiensi dan mendukung pembangunan berkelanjutan;
  3. Meningkatkan kepemimpinan dan koordinasi antar pihak (K/L, Pemda, swasta, dan BUMN);
  4. Meningkatkan tata kelola pemerintah yang baik dan reformasi kebijakan untuk mendukung pembangunan infrastruktur;
  5. Percepatan pengadaan tanah

Sektor konstruksi menjadi sektor yang penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, industri konstruksi Indonesia memiliki peluang yang sangat tinggi untuk diperkuat pada lingkup ASEAN dan ASIA. Penjaminan dan Asuransi dapat meningkatkan minat pihak swasta atau badan usaha dalam investasi di bidang infrastruktur PUPR sehingga mampu mempercepat pembangunan infrastruktur PUPR.  Pihak penyedia jaminan dan asuransi diharapkan mampu menjamin proyek infrastruktur PUPR secara profesional, dengan penjaminan bersifat unconditional (tanpa syarat) sesuai peraturan yang berlaku.

Pelajaran yang dapat diambil dari mempelajari paradigma diantaranya adalah meningkatkan  competitiveness / daya saing masyarakat, maka kita harus mencari teori, model, strategi yg bisa meningkatkan daya saing pemerintah kita. Untuk menjawab itu perlu dibuat organisasi yang dapat memuaskan orang-orang yang kompeten dan competitive, yang dapat meningkatkan daya saing yang diharapkan. Oleh karena itu organisasi PUPR harus sesuai dengan perkembangan teknologi.

Untuk mendapatkan kerja yang keras dan kinerja yang baik perlu ada organisasi yang memberikan tempat bagi orang-orang yang kompeten / sebagai center of excellent.  Diperlukan organisasi yang tidak terlalu hirarkhis, tetapi organisasi yang bisa menjawab permasalahan negara,  yang dikerjakan oleh kelompok orang-orang yang kompeten dan berilmu pengetahuan yang dapat memadukan sebanyak mungkin sektor yang mempengaruhi hasil pembangunan. Oleh sebab itu organisasi ini harus  terdiri/menggunakan orang-orang yang kompeten, yang menjadi center of excellent, yang cepat merencanakan sesuatu dengan teknologi yng kompetitif, dan terintegrasi tidak hanya dalam bidang ke PUPR an, tetapi juga dalam pembangunan bidang diluar PUPR.  Tenaga yang ada dalam organisasi ini harus menghasilkan pekerjaan ke-PUPR- yang integrated di Kementerian PUPR dan juga integrated dengan Kementerian lain yang terkait. Tenaga kompeten tidak digaji sesuai golongan dan tingkatan yang ada seperti sekarang ini, tetapi digaji berdasarkan kompetensi dan produk  yang dihasilkan dan bukan berdasarkan lama mengabdi bekerja dan menjabat dalam struktur organisasi yang hirarkhis.    

    Belum ada foto untuk berita pada halaman ini.

Awal Kembali 1 Lanjut Akhir

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook